My Adsense

25 Mei 2009

Proses mencapai visi seorang Pemimpin Sejati


Jika melihat catatan sejarah, ada beberapa kesamaan yang dimiliki oleh tokoh-tokoh besar pemimpin dunia hingga mengantarkan Negaranya mencapai kejayaan . Diantaranya adalah, para pemimpin tersebut memiliki visi yang besar dan jelas dalam memimpin, mereka juga konstituen secara tulus dan antusias terhadap visi tersebut.

Tentunya semua kejayaan tersebut tidak datang begitu saja, perlu ada tahapan yang berkesinambungan. Dari hal itu disimpulkan bahwa, jiwa seorang pemimpin terlihat dari bagaimana dia berproses dalam mencapai tujuan, hingga tercipta visi yang akan diembanya pada masa yang akan datang. Dalam proses tersebut, seorang pemimpin sejati dapat melihat lebih banyak dari pada yang dilihat orang lain, dia juga melihat lebih jauh dari pada yang dilihat orang lain, dan terlebih dahulu melihat sebelum orang lain melihat.

Seorang pemimpin tidak hanya diartikan sebagai pemegang kekuasaan penuh atas sebuah keputusan, tetapi seseorang yang telah terlebih dahulu mengalami proses perubahan karakter atau transformasi internal dalam dirinya. Karena untuk menjadi seorang pemimpin haruslah melalui proses yang sangat panjang, apalagi untuk memimpin sebuah Negara yang terdiri dari beraneka ragam suku dan budaya.

Berawal dari proses atau penempaan itu, akhirnya tercipta kedamaian dalam diri, serta terbentuk karakter yang kokoh. Kemudian, setiap ucapan dan tindakanya memberikan pengaruh kepada orang banyak. Pada akhirnya, ketika keberadaannya sebagai pemimpin dapat mendorong perubahan masa depan ke arah yang lebih baik, pada saat itu diyakini bahwa proses selama ini tidak sia-sia dan bukti kepemimpinan sejati telah terukir.

Saya berharap, yang terpilih menjadi pemimpin bangsa ini bukanlah orang yang sekedar mengejar kekuasaan, tetapi seorang pribadi yang dari dalam dirinya memang telah tumbuh dan berkembang jiwa seorang pemimpin sejati. Menjadi seorang pemimpin sejati berarti, senantiasa berproses dan bertumbuh untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi dalam upaya pencapaian Visi dan Misi. Semua hal itu tidak lain demi kemajuan bangsa dan kemashalatan masyarakat banyak.

Tidak ada komentar: