My Adsense

16 Jul 2010

Dalam hidup jangan berpikir, tetapi rasakan

Dalam hidup jangan berpikir, tetapi rasakan. Seperti sebuah jari yang menunjuk ke arah bulan. Jangan berkonsentrasi pada jari atau engkau akan kehilangan keindahan bulan. Jadi jangan berkonsentrasi kepada jari yang menunjuk ke bulan, tetapi mata kita arahkan kepada apa yang ditunjuk oleh jari, yaitu bulan. Sehingga kita bisa merasakan dan menikmati keindahan bulan. Dengan begitu kita dapat merasakan sesungguhnya betapa indahnya hidup jika kita tidak mempersulit dengan pikiran-pikiran rumit yang hanya dapat menjadi beban.

Tapi yang namanya perasaan dan pikiran itu seharusnya juga seimbang. Meskipun sesekali ada saatnya menggunakan perasaan itu lebih baik daripada berpikir. Misalkan, ketika kita harus mendahulukan perasaan kita terhadap hal-hal yang berhubungan dengan sisi kemanusiaan kita, cinta dan rasa kasih sayang terhadap sesama manusia yang terkadang memang tak mengenal logika.


Dengan menggunakan perasaan adalah sesuatu yang bersumber dari relung jiwa, tulus dan polos berasal dari sisi lahiriah kita sebagai manusia, tanpa diiming-imingi oleh dunia luar yang selalu berubah tergantung dari situasi dan kondisi. Pada akhirnya segala hal yang berhubungan dengan perasaan dan pikiran itu tentunya harus diaplikasikan secara selaras agar tercapai keseimbangan dalam menjalani waktu kehidupan.


Adapun perbandingan dari keduanya, keistimewaan dari segala tindakan yang menggunakan perasaan adalah dapat lebih cepat daripada pikiran negatif yang menyerang. Dengan perasaan tindakan kita dapat mengabaikan pikiran negatif dan terus bertindak. Dengan perasaan akan terbit cikal bakal tindakan positif, tidak terbebani oleh proses yang dijalani tetapi melihat tujuan yang akan didapatkan di suatu saat nanti. Dengan perasaan kita akan bersabar dan disiplin serta menikmati proses yang dijalani. Sama seperti tulisan pada paragraph pertama, tentang sebuah jari yang menunjuk ke bulan .


Jangan berkonsentrasi pada jari, lihatlah keindahan bulan.

1 komentar:

om rame mengatakan...

denga penyeimbangan antara pemikiran secara perasaan hati dan rasionaLitas tentunya akan Lebih jernih daLam menyikapi apapun. terima kasih atas sharenya.
ijin untuk menjadi foLLower di bLog ini, saLam kenaL.