My Adsense

16 Mei 2009

Masalah Lingkungan Tersisih Dalam Kampanye


Pada saat pemilu, masyarakat negeri ini disuguhkan berbagai kampanye yang berisi janji-janji politik. Siapa lagi yang memberikan janji, kalau bukan mereka-mereka yang berniat mencalonkan diri untuk menjadi orang penting di negeri ini. Segala janji yang diumbar, tidak lain untuk mencari simpati dan partisipan yang akan mendukung mereka dalam pemilu.

Akan tetapi, berbagai kampanye lebih sering mengumbar keberhasilan yang ingin dicapai melalui pembangunan, berantas kemiskinan, masalah pendidikan, keadilan, berantas korupsi, dan lain sebagainya. Semua permasalahan itu, memang tepat dijadikan isu di tengah masyarakat yang sedang terpuruk dan ingin perubahan yang berarti.

Tapi adakah diantara kita yang menyadari, bahwa para pemberi janji itu sangat jarang mengumandangkan tema tentang lingkungan dalam setiap kampanye mereka. Hal itu tentunya membuat kita yang mencintai lingkungan harus berkecut hati, kenapa masalah lingkungan dipandang sebelah mata oleh mereka ?.

Yang jadi pertanyaan, pembangunan seperti apa yang menjadi tolak ukur dijaman modern ini?. Dalam kenyataanya, pembangunan sering berkaitan dengan perubahan negatif terhadap lingkungan. Tidak ada yang dapat mengelak bahwa pembangunan dan masa depan itu memang penting, tetapi bagaimana masa depan dapat dibangun, bila tidak dimulai dengan cara yang benar.

Pembangunan yang benar adalah dengan memperlakukan lingkungan secara baik, artinya sejalan dengan perbaikan dan pemeliharaan terhadap lingkungan. Lingkungan yang terpelihara sangat berperan untuk kelangsungan hidup manusia di masa yang akan datang.

Untuk itu, seharusnya mereka yang memberikan janji pada kampanye memiliki pengetahuan yang cukup tentang lingkungan, sehingga paham akan pentingnya permasalahan ini. Setelah mereka mengerti dan paham benar tentang masalah lingkungan, mereka juga tidak perlu pesimis akan perolehan dukungan. Kecuali, selama ini kampanye mereka memang bersembunyi di balik kelompok pemberi dana yang gemar merusak lingkungan.

Perusak lingkungan adalah manusia-manusia yang perlahan ikut membantu kehancuran bumi ini, dan kita tidak pantas untuk mendukung orang-orang seperti itu.

Tidak ada komentar: