My Adsense

1 Okt 2012

Efek Buruk Online


Dengan kemajuan teknologi di jaman sekarang, aktifitas yang dinamakan "bermain" tidak perlu dilakukan secara nyata, segala macam permainan sudah bisa dilakukan didepan komputer. 
Bisa disebut praktis kah hal tersebut?. 

Tapi hal itu juga yang kini dapat divomis sebagai efek buruk games online. Kalau dalam permainan konvensional jaman dulu yang biasa kita mainkan, ada situasi interaksi situasi sosial langsung dengan teman kita sebagai lawan main, sebut saja semisal permainan gobak sodor, karambol, dan lain sebagainya. Ketika bermain secara konvesinonal, kita juga bisa tahu kalau memang ada teman yang lebih jago atau curang, hubungan sosialisasi dan kemanusiaan juga sungguh nyata yang terasa. 
Namun kita tidak mendapatkanya di game online, yang memaninkan juga tidak bisa mengekspresikan diri individu merasa yang merasa gagal, terpuruk, senang atau puas, seperti yang terlihat pada permainan konvensional secara nyata. 

Game online juga tidak bisa masuk kategori, jika melihat tujuan positif dari bermain adalah agar bisa mengasah keterampilan sosial dan interaksi tatap muka antar sesama. Bagaimana bisa itu terjadi, jika anak yang menyukai game online keterampilan sosialnya justru bisa dikatakan lemah dan susah mempertahankan interaksi tatap muka, karena terbiasa berinteraksi melalui dunia maya. Hal seperti ini jika berlanjut sampai dewasa juga akan memengaruhi hubungan interpersonal dengan orang lain.

Kalau masih ada anak jaman sekarang yang dihina dan diledek hanya karena masih suka terhadap permainan konvensional, itu mungkin adalah kelumrahan melihat situasi zaman yang seperti sekarang.Namun, saya yakin segala tekanan sosial di luar sana yang keras dan akan mereka hadapi nanti, bisa menggembleng anak seperti mereka untuk lebih tangguh, mereka bisa mengatasi hinaan atau ledekan. Karena jenis permainan yang dipilih saja sudah dapat menjadi contoh kecil bahwa sisi kreatif dan agresif mereka telah terlatih untuk dapat menjadi pemenang dalam dunia nyata. .


Tidak ada komentar: