My Adsense

9 Jul 2010

“Ihktiar dan doa” padaNya

Kisah ini berawal dari melihat sebagian kawan-kawanku yang begitu mudahnya mendapatkan dambaan hati, adapun melihat kenyataan dari sebagian kawanku lagi yang meski sampai jungkir balik tapi akhirnya bisa juga mendapatkan kekasih hati yang didamba-dambakanya. Dan dari hal itu aku melihat kenyataan pada diriku sendiri, bahwa hjingga sekarang aku termasuk dari sebagian orang lain yang masih saja terus berjuang untuk mendapatkan apa yang sama seperti kawan-kawanku tadi..
Kalau kata “susah mendapatkan” terlalu menyakitkan, maka saya akan mengganti kata dalam pertanyaan ini menjadi “ kenapa muke gue jauh” untuk bisa mendapatkan kekasih ?? biar terdengar lebih menyakitkan…..
Dari kisah dan pertanyaan yang tersebut di atas, maka akhirnya saya turun gunung untuk menuntut ilmu ke dunia persilatan maya, memasuki lembah suram milik mbah Larry dan Sergey bersaudara. Saya memasuki goa google yang menjadi tempat keramat jin-jin pintar sok tau. Disini saya tidak belajar remeh temeh ilmu fisik seperti bantingan, pitingan, kuncian, tendangan, atau pukulan. Tapi ilmu kanuragan yang lebih sakti agar bisa lebih damai, ga’ perlu gontok-gontokkan ga’ jelas karena emosi tinggi yang disebabkan ga’ ada yang dapat jadi cemceman..
Untuk masuk ke dalam goa google tersebut harus pake kata kunci. Saya sampai berulang kali memasukan kata kunci karena keliru dengan kata kunci “xnx” yang beda penjurusan ilmunya. Untuk masuk goa dengan kata kunci yang seperti itu, sepertinya untuk mereka-mereka yang lebih jago hingga sampai bisa punya nafsu binatang. Tidak bukan ilmu ini yang saya cari, lagian saya juga sudah punya dari sononya. Tapi, untuk ilmu yang akan saya pelajari ini, harusnya kata kunci yang saya pakai adalah “ penyebab jomblo dunia yang amit-amit sampai akhirat”.
Akhirnya setelah bersusah payah dan melalui perjuangan panjang, berhasil juga saya masuk ke dalam goa tersebut dan dinyatakan resmi menjadi murid. Setelah dimandikan air suci oleh sang guru, saya mendapat panggilan kesayangan yang rada-rada kejepang-jepangan “takada mozilaku maugila”.
Sampailah saya pada tahap awal belajar dan berlatih ilmu di goa google, tapi begitu terkejutnya saya !!!. Karena ternyata yang saya pelajari setiap harinya adalah cuma hafalan kalimat yang harus saya ucapkan keras-keras dan harus sampai mengena di hati, karena sang guru begitu pandai membaca pikiran. Tiap hari saya hanya disuruh mengucapkan kalimat “cacingan deh lo jomblo!!”. Sang guru hanya akan menyuruh berhenti jika mulut dan bibir saya ini dirasa sudah benar-benar kelu untuk berkata-kata. Pernah sekali saya mendapatkan hukuman karena secara diam-diam mengubah kalimat yang terucap dalam hati menjadi “kanciang ang jomblo”!!. Saya diberi hukuman dengan harus mengucapkan kalimat “cacingan deh lo jomblo” sambil mengikuti gaya inul daratista lagi goyang ngebor…mampus…
Akhirnya dengan penuh kesabaran dalam menuntut ilmu kampret yang aneh ini, waktu panjang telah terlewati selama saya menuntut ilmu di goa google, sampailah saya pada tahap terakhir. Guru akan memberi rapor kelulusan dengan standar penilaian tertentu yang tidak bisa diganggu gugat. Acara pembagian rapor ini juga terdiri dari beberapa sesi. Sesi pertama adalah adalah sesi penyadaran, sesi awal ini adalah sesi paling menyedihkan karena saya disuruh merenung semua kisah pupus dalam hidup yang pernah terjadi sambil mendengarkan tembang lagu “egokah” dan “cari jodoh” band wali yang diputar secara berurutan, kemudian lagu pamungkas “jomblo” dari band saykoji. Pada saat lagu pamungkas inilah pecah suara tangis saya yang ngebazz, sambil menangis sesekali saya menyumpahi pencipta lagunya, kenapa bisa benar-benar ngepas.
Setelah tangis saya reda, masuklah pada sesi kedua yaitu sesi pemahaman. Saya disuruh menonton film “jomblo” yang dibintangi replika saya si khristian sugiono. Situasipun menjadi mengaharu biru ketika menonton film ini, hati saya remuk redam terbawa emosi menyaksikan jomblowan yang diceritakan dalam film tersebut. Bukan sedih tapi marah ngeliat ada orang bego’ kaya’dia!!!mending kelaut aja orang kaya’ gitu, jangan dikasih hidup, atau tukar aja sama botol ke pemulung……
Sesi pertama dan kedua sudah selesai, maka…eng ing eng..sampailah pada tahap yang paling ditunggu-tunggu “Sesi pembagian rapor kelulusan”. Sebelumnya sang guru terlebih dahulu mengatakan sepatah dua patah kata, yang pada intinya maksud yang dikatakanya adalah “ begitu senang ada satu-satunya orang idiot yang mau menuntut ilmu ke dirinya. Dan pada akhirnya tibalah jua pada waktu perpisahan yang sangat disesalkanya, karena tidak ada lagi yang bisa dibego-begoin. Sang guru mengharapkan apapun hasil yang saya terima dari rapor yang akan dibagikan ini, saya harus tetap tabah karena nilai yang diberikan telah seobyektif mungkin sesuai dengan tingkat ketololan saya yang anguzubila hi minzalik.Pada saat rapor akan dibagikan, guru mungkin akan hilang secara tiba-tiba menggunakan ilmu langkah seribunya yang sakti mandragade”.
Sekonyong-konyong ruangan gelap, tidak mungkin terjadi pemadaman lampu karena di dalam goa ini pencahayaanya menggunakan generator nokia N120. Tapi kejadian itu hanya berselang beberapa detik, setelah ruangan kembli terang saya melihat seisi ruangan telah kosong. Tidak ada sang guru di hadapan saya, seperti janjinya dia akan segera menghilang untuk selamanya ketika rapor ini akan dibagikan. Tidak ada kata lain yang bisa saya katakan, “ terimakasih guru..gw akhirnya juga baru nyadar ada orang yang lebih bego dari gue yang mau ngajarin hal paling tolong seumur hidup gue, bangsat lo!!!”.
Di hadapan saya hanya ada gulungan kulit sapi muda yang sepertinya jika dilebarkan akan berukuran segi empat, seukuran kertas kwarto. Setelah dibuka ternyata tertera tulisan-tulisan di atas lembaran kulit tersebut. Ternyata inilah rapor yang dimaksudkan guru, seperti surat-surat di zaman kisanak kerajaan majapahit. Mungkin biar berkesan jadul banget. Huruf-hurufnya hampir tidak bisa terbaca, tulisan yang sangat jelek mirip cakar ayam, dengan tulisan seperti ini mungkin guru juga berprofesi merangkap sebagai seorang dokter.
Tapi, apa ini?????!!!!!

KAMU DINYATAKAN TIDAK LULUS.
NYESAL PUNYA MURID BEGO’ KAYA’ KAMU!!!.
MAU TAHU KENAPA KAMU TIDAK LULUS?.
KEBODOHAN KAMU SUDAH SANGAT PARAH, DAN AKAN SAYA KEMUKAKAN BEBERAPA ALASAN LAIN LAGI :

Ada beberapa tipe orang yang bakalan terus jadi jomblo. Sejauh ini, berdasarkan ilmu yang saya dalami dan ajarkan selama beratus-ratus tahun, ada beberapa penyebab kenapa seseorang susah dapat pacar. Dan kamu memborong semua penyebab-penyebab itu, parah!!! “ mati aja lo”…

1. Kurang Pergaulan alias kuper
Kamu itu kuper Lingkup pergaulan cuma dengan orang yang itu-itu saja membuat
kamu tidak berkembang, termasuk dalam urusan cari pacar. Kamu tidak punya
banyak. Pilihan.

Sialan, enak aja gue dibilang kuper. Teman gue dari segala penjuru dan aneka ras. Dari kyai sampai preman tanah abang, dari anak kecil sampai yang udah pikun, dari sabang sampai karaoke. Banyak deh…anak punk, rock, sampai dangduters juga pernah gw tongkrongin. Lo mau bilang cimeng sampai cireng, indeks, sapu-sapu, kwetiau. Gini-gini gue gaul abizz gito looh…kalo ada orangnya gue timpuk juga neeh pake batu. Guru biadab!!!

2. Terlalu pemilih
Kamu terlalu menerapkan standar yang tinggi mengenai kriteria gadis yang
Diinginkan. Malah terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan diri kamu. Tipe perfectionist,
akibatnya sudah bisa ditebak. Susah dapat pacar.

Eh, wajar dong!!! Gw akan anak band, anak basket. Tampang two cool abizz, tongkrongan kere n. Apalagi coba??? Kalo ariel bisa dapat luna maya sama cuta tari, gw lebih dong…omas nurmala sama mpo nori juga bisa sampai tergila-gila sama kegentengan gue.

3. Kurang Percaya Diri
Rasa percaya diri (PD) kamu kurang, bisa menyebabkan kamu vakum dalam dunia
percintaan. Susah dapat pacar adalah sesuatu yang pantas bagi kamu.
Bahkan bisa merembet ke dalam aspek kehidupan sosialnya. Bego lo….

Enak aja gue dibilang ga’ PD pake kata bego’ lagi...Gue pede abizzz kaleeee!!!!bego juga dikit. Lagian kenapa harus ga’ pede?? Secara gw punya naluri keartisan yang tinggi, artis ibukota chris jon juga kalah sama gue…

4. Terlalu sibuk dengan pekerjaan
Kesibukan menjadi hal yang lumrah di zaman modern yang serba materialistis ini. Yang jadi masalah adalah seringkali kalu kamu terlalu sibuk bekerja, mengejar karir atau study yang ga’ ada kejelasanya, kamu malah mengesampingkan urusan mencari kekasih. Masih mending kalau kesibukannya masih memungkinkan untuk bertemu. Sedangkan kamu, ada orang yang mau ditemuin aja engga’…apes benar hidup kamu..Harus ikutan “Take me Out” kayaknya,…”bawa saya keluar” lalu buang k tempat sampah!!!

No coment aja gue, lagi emosi tingkat tinggi sama si guru. Bisanya ngatain orang doang, klo ketemu bakalan kena balcagi juga nehh orang. Lagian gimana mau sibuk kerja, kerjaan penganggur kaya gue kan cuma molor aja tiap hari.

5. Terlalu pendiam dan pemalu
Sebagian orang, terutama cewek merasa bingung bagaimana cara menghadapi cowok
pendiam apalagi pemalu. Meski pun ada sebagian orang yang kepincut dengan sosok
pendiam dan cool. Tapi secara keseluruhan sosok cowok pendiam ini agak susah
dapat pacar. Apalagi kamu pendiem juga ga’ pantas, pantasnya gagu. Apalagi
tampang sangar muka batu kaya’ kamu dibilang pemalu, ga’ banget !!.

Sialan, gini-gini gw pendiem makan dalam..diam-diam menghanyutkan. Waktu itu aja gue pernah nenggelamin teman gw sampai semaput gara-gara manggil gue ande folo naka manu. Siapa bilang gw ga’ ikut pemilu….emang sembuarangan aja guru kepalang ajar satu ini kalo ngomong…

6. Terlalu cuek dan nggak pengertian
Dalam menjalin sebuah hubungan, seseorang tentu ingin diperhatikan oleh
pasangannya. Nah, kamu ngapain jaim sama image kamu yang buruk. Meski kamu so’ cuek atau ga’ cuek biar dibilang cool, emang siapa yang mau sama kamu?

Sekarang engkong jaim gue yang dibawa-bawa!!!!wah..wah…bisa ribut sama FBR neh…..

7. Sulit Mengungkapkan cinta
Kalu tidak berani mengungkapkan atau menunjukkan perasaan cinta terhadap orang yang dicintai, bagaimana dia tahu kamu mencintai dia ?
Bego’ juga lo…kalo menggunakan pandangan mata, emang mata kamu punya mulut untuk berbicara..?

Yang bilang mata punya mulut sape?? lo yang bego…!!!bukanya sulit untuk mengungkapkan hanya gw mau tetap cool aja dulu sampai dia yang nembak duluan, secara kitakan artis..emang situ, autis!!!..

8. Menutup diri dan tertutup
Orang-orang yang membuka diri saja belum tentu bisa dapat pacar dengan mudah. Terlebih kamu yang menutup dirinya terhadap orang lain. Emang kamu misterius seeh, kaya pembunuh berantai

Maksud lo gue disuruh telanjang, buka-bukaan. Mau ancurin reputasi gw yang sedang menanjak lo???? Kaya’ gue ga’ tau aja, lo mau meras gw terus turunin pamor gw kan..sorry la yaw..ga’ mempan.


9. Punya banyak kebiasaan buruk
Setiap orang tentu punya sisi buruk, sifat buruk atau kebiasaan buruk. Tapi, kalau kamu terlalu banyak sisi negatifnya, orang jelek juga mikir ulang untuk menjalin hubungan dengan kamu.

Apes banget gue sampai segitunya. Ngupil, boker sambil ngerokok dan dengerin mp3 pake headshet emang kebiasaan negatif, itu namanya trend terupdate..bego lo.

Habis sudah kesabaran saya. Saya telah ditipu. Percuma jauh-jauh datang dengan menghalau banyak rintangan dengan modal kesabaran tinggi. Yang saya dapat cuma teori-teori yang buat saya marah.
Mungkin memang ada benarnya, tapi saya masih merasa itu tadi hanya kalimat- kalimat yang menghakimi saya secara sepihak saja. Niat awal untuk menuntut ilmu malah jadi tuntut pembalasan dendam. Sampai ke lubang semut akan saya cari itu guru dan bertanya sedetail mungkin ke dia
“Kenapa apa yang dikatakanya bisa benar-benar sesuai dengan tabiat saya!!!, lantas apa penawarnya???”

Tiba-tiba saya dikagetkan dengan munculnya seberkas sinar terang dari balik gulungan kulit sapi muda yang tulisanya barusan saja tadi selesai saya baca. Hampir saja kulit itu terlepas dari tangan kalau seandainya tidak erat saya genggam. Satu persatu muncul huruf –huruf yang kemudian terjalin menjadi kalimat-kalimat, menyatu menjadi paragrap-paragrap mengandung arti yang sangat indah dan bermakna.
Seketika wajah saya sumringah, ya saya sudah menemukan ilmu yang saya cari. Ternyata ini maksudnya…ingin saya menarik kembali kalimat-kalimat umpatan yang tadi pernah saya lontarkan kepada sang guru. Beribu-ribu maaf saya haturkan pada mu guru, kini saya sudah mengerti….
Kalimat singkat yang jika diresapi dalam hati akan sangat berarti, hingga selesai segala usaha meraih apa yang dicari di bumi ini.
“Ihktiar dan doa” padaNya

Tidak ada komentar: